Di Tempat Kerja Sering Ngantuk, Berikut Tips Cara Mengatasinya


Minimnya kandungan oksigen di otak, rendahnya kandungan gula darah, serta dehidrasi ialah beberapa pemicu datangnya rasa kantuk serta capek. Dengan mengakali keadaan itu, faedahnya bisa membuat Anda masih fresh serta lancar kerja selama seharian. 

Bukan sekedar konsumsi kopi, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda kerjakan untuk menyingkirkan rasa kantuk serta capek dalam tempat kerja. 

Bergerak di antara jam kerja 

Berjalan kaki serta lakukan gerak badan membuat oksigen terpompa ke otak serta otot. Beraktivitas semacam ini sepanjang lima menit saja bisa membuat Anda terbangun sampai satu jam sesudahnya. Sempatkan diri untuk berjalan kaki keluar ruang, menuruni tangga ke lobi, atau melaksanakan ibadah ke mushola. 

Di bawah ini ialah banyak hal simpel yang bisa dicoba untuk pastikan badan Anda masih aktif bergerak di kantor. 

1. Luangkan berjalan 

Mencari peluang untuk berdiri serta melangkahkan kaki di celah jam kerja, seperti berjalan keluar waktu beristirahat lima menit. Diluar itu, dibanding kirim pesan singkat melalui internet, lebih baik Anda mendatangi meja rekanan kerja untuk berdiskusi. 

2. Rapat di luar kantor 

Bila sangat mungkin, selenggarakan rapat di luar kantor, dalam tempat yang bisa diraih dengan berjalan kaki. 

3. Olah badan di antara jam kerja 

Sempatkan lima menit dari waktu istirahat makan siang untuk lakukan pengenduran sebagai berikut ini. 
  • Membungkuklah dengan kaki masih lurus serta biarlah tangan sentuh ujung jari kaki. Tahan sampai 5-10 detik. Ulangilah seringkali. 
  • Berdiri menghadap satu pojok ruang. Rentangkan tangan setinggi pundak, letakkan lengan depan, siku, serta telapak tangan pada dinding. Lengkungkan badan sisi atas ke. Tahan sampai 10 detik. Ulangilah sekitar 5-10 kali untuk meregangkan otot dada. Anda dapat turunkan serta meninggikan tempat lengan untuk melatih otot yang berlainan. 
  • Dengan sikap duduk, tempatkan ke-2 tangan di pinggul serta merapatkan ke-2 kaki. Busungkan dada tanpa ada merubah pandangan mata atau tempat kepala Anda. Selanjutnya rasakan penegangan pada dada waktu Anda menarik tulang pundak ke belakang dengan bertepatan. Usahakan untuk meredam penegangan ini sepanjang 10 detik. Kemudian coba lemaskan badan Anda sekejap. Ulangilah 10 kali pergerakan yang sama. 

Mengendalikan pernafasan 

Rasa kantuk bisa hilang bila kandungan oksigen pada otak sudah terpenuhi. Sebetulnya keadaan ini bisa didapat dengan mengendalikan pernafasan. Anda bisa lakukan latihan pernafasan dengan masih duduk di meja kerja. Coba tarik napas dalam-dalam lewat hidung, sampai perut serta tulang rusuk di kanan-kiri mengembang, tetapi dada tidak bergerak. Tahan sesaat, lalu hembuskan napas lewat mulut. 

Konsumsi cemilan yang sehat 

Kandungan gula darah yang rendah bisa mengakibatkan badan berasa lemas. Pada keadaan ini, camilan bisa berguna tingkatkan daya. Anda bisa konsumsi pilihan cemilan sehat, misalnya: 

  • Buah potong, seperti semangka, melon, jeruk. 
  • Kacang-kacangan. 
  • Biskuit dengan gandum utuh. 

Konsumsi kopi atau minuman berkafein dapat membuat Anda semangat serta terus terbangun sampai tengah hari. Kuncinya ialah jangan terlalu berlebih serta jauhi konsumsinya di sore hari supaya Anda tidak susah tidur pada malam harinya. 

Tetapi Sebaiknya anda menghindarkan beberapa macam minuman dan makanan tersendiri sebab malah bisa semakin datangkan rasa kantuk, yakni: 

  • Minuman dan makanan mudah dengan kandungan gula tinggi. Gula memang bisa membuat rasa kantuk saat itu juga hilang, tetapi dampak itu cuma berasa sesaat sebab sekian waktu selanjutnya Anda malah akan merasakan lebih mengantuk. 
  • Makanan berlemak tinggi. 

Yakinkan Anda konsumsi cukup air atau makanan yang memiliki kandungan kandungan cairan tinggi. Dehidrasi bisa mengakibatkan timbulnya rasa kantuk serta capek. 

Tidur siang 

Bila rasa kantuk tidak tertahankan, sempatkan 10-20 menit dari waktu istirahat untuk tidur siang. Bila tidak bisa tidur, pejamkan mata sekalian tengkurap di meja kerja sepanjang 10 menit dapat beri kesegaran otak. 

Interval untuk mata 

Mata serta pemikiran yang capek dapat dikarenakan oleh kegiatan sama yang dikerjakan tanpa ada macam, seperti terus-terusan memandang monitor computer. Alihkan mata serta perhatian Anda kadang-kadang ke hal-hal lain seperti bicara pada rekanan kerja atau membaca koran sesaat. 

Posting Komentar

0 Komentar