Ini 10 Kandungan Penting Susu Formula


Tumbuh kembang balita memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor terpenting yang sangat mempengaruhi pertumbuhannya adalah asupan nutrisi yang berasal dari makanan dan makanan. Jika saat bayi, ASI merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik, maka ketika sudah memasuki usia balita, Anda bisa memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. 

Susu formula sendiri memiliki berbagai macam zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh anak. Oleh karena itu, balita yang sedang memasuki masa pertumbuhan dan perkembangan perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Tidak hanya dari makanan namun juga dari minuman yang mereka konsumsi. 

Jika masih khawatir terhadap pemberian susu formula, ini dia beberapa kandungan penting yang ada di dalam susu formula yang sangat bermanfaat bagi anak. 

Kandungan Penting yang Ada di Dalam Susu Formula Beserta Fungsinya 

Susu formula sangat cocok digunakan karena banyaknya zat-zat serta kandungan penting yang ada di dalamnya. Untuk menambah informasi, ini dia beberapa kandungan penting yang terdapat di dalam susu formula terbaik untuk bayi yang harus Anda ketahui. 

1. Protein 

Kandungan protein biasanya banyak ditambahkan di dalam susu formula untuk anak. Protein memiliki banyak sekali fungsi yang bermanfaat. Beberapa manfaat dari protein antara lain dapat memelihara tulang, mengembangkan otot, dan juga menyangga otot pertumbuhan. 

2. Kalsium 

Kalsium juga merupakan salah satu zat penting yang ada di dalam susu. Fungsi dari kalsium sendiri yaitu membantu dalam perkembangan otot, pemeliharaan tulang, pembekuan darah, penguatan gigi, dan juga peningkatan metabolism dalam tubuh anak. 

3. Vitamin B12 

Vitamin B12 memiliki fungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan juga membantu proses pembelahan sel pada tubuh. 

4. Vitamin B2 

Selain vitamin B12, susu formula juga mengandung vitamin lain yang tak kalah penting yaitu vitamin B2. Peran dan fungsi vitamin B2 dalam susu yaitu membantu menghasilkan energy pada saat proses metabolism, memelihara sistem syaraf, membantu menjaga kesehatan mata, mengurangi kelelahan, dan juga membantu meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. 

5. Fosfor 

Fosfor dalam susu formula membantu meningkatkan pertumbuhan tulang, gigi, dan juga dapat membantu menghasilkan energi bagi tubuh. 

6. Kalium 

Berbeda dengan kalsium, kalium lebih berperan dalam memelihara fungsi syaraf, memelihara fungsi otot anak, dan juga memelihara tekanan darah. 

7. Yodium 

Yodium merupakan salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh anak ketika sedang memasuki masa pertumbuhan. Saat ini yodium juga ditambahkan di dalam susu formula untuk melengkapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Fungsi dari yodium sendiri yaitu meningkatkan sistem syaraf, meningkatkan metabolism, dan juga meningkatkan metabolisme. 

8. AA dan DHA 

AA dan DHA merupakan zat yang sangat penting dalam membantu meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini dikarenakan AA dan DHA memiliki peran untuk meneruskan rangsangan antar sel syaraf sehingga daya tangkap anak menjadi lebih cepat. 

9. Prebiotik dan Probiotik 

Prebiotik merupakan salah satu zat yang terdapat di dalam susu formula yang mampu memicu pertumbuhan bakteri baik sehingga pencernaan anak menjadi lebih baik dan nafsu makannya dapat meningkat lebih cepat. 

10. Zat Besi 

Zat besi berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan daya belajar pada bayi dan juga anak-anak. Oleh karena itu, jika Anda ingin anak memiliki daya tangkap yang lebih cepat, berikanlah susu formula terbaik yang memiliki kandungan zat besi tinggi seperti Morinaga Chil. 

Susu formula yang baik tentu harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Morinaga dapat membantu Anda memenuhi asupan nutrisi anak karena berbagai kandungan zatnya dapat membantu mengembangkan tiga aspek penting anak yaitu kecerdasan, daya tahan tubuh, dan juga tumbuh kembang. 

Posting Komentar

0 Komentar