Gejala Awal Virus Corona dan Golongan Orang dengan Faktor Resiko Tinggi Terjangkit Covid 19

Gejala-Awal-Virus-Corona-dan-Golongan-Orang-dengan-Faktor-Resiko-Tinggi-Terjangkit-Covid-19

Wabah yang cukup mematikan memang baru-baru ini menyerang manusia, setidaknya pada akhir tahun 2019, warga di kawasan Wuhan mulai banyak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona atau yang dikenal sebagai Covid 19. Tak membutuhkan waktu yang cukup lama hingga kemudian virus tersebut menyebar ke berbagai penjuru dunia dan merenggut banyak jiwa. Termasuk diantaranya adalah di Indonesia sendiri. banyak nyawa melayang disebabkan oleh virus tersebut. Dimana memang gejala awal virus Corona ini tidak banyak yang tanggap, karena mirip seperti flu biasa.

Kurangnya edukasi serta tingkat kesadaran masyarakat yang cukup rendah faktanya memang menjadi salah satu penyebab dimana virus tersebut berkembang biak dan menyerang lebih banyak manusia. Bahkan juga tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Biasanya ada orang-orang dengan daya tahan atau kekebalan tubuh yang lemah memang akan lebih mudah terserang oleh penyakit yang satu ini, jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki daya tahan tubuh kuat, termasuk diantaranya adalah anak muda.

Hanya saja orang-orang dengan kekebalan tubuh kuat ini juga berpotensi menjadi hidder carrier, dimana secara tidak sadar justru membawa dan menularkan penyakit tersebut kepada lebih banyak orang yang ada di sekitarnya. Covid 19 ini sangat rentan menjangkiti orang-orang dengan beberapa kondisi berikut ini, yaitu:
  1. Gangguan pernapasan kronis, orang-orang yang sebelumnya telah bermasalah dengan penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernapasan ini layaknya PPOK dan juga asma lebih beresiko tinggi untuk terserang Covid 19, bahkan akan mengalami gejala yang cukup parah seperti diantaranya adalah menyebabkan pneumonia sampai dengan gagal napas, jadi harus diwaspadai.
  2. Penyakit kardiovaskuler, tak hanya gangguan yang berhubungan dengan paru-paru saja. Melainkan nyatanya yang tidak kalah berbahaya adalah mereka yang sebelumnya telah memiliki gangguan kardiovaskuler atau jantung, seperti diantaranya adalah jantung koroner, kemudian juga gagal jantung sampai dengan stroke, karena orang-orang yang sudah terjangkit penyakit ini pada umumnya juga memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Untuk itu akan terserang kondisi atau gejala yang lebih berat lagi.
  3. Diabetes melitus, penyakit gula darah tinggi ini akan menyebabkan daya tahan tubuh juga menjadi lemah, hingga kerusakan di berbagai macam organ tubuh. Jadi resiko komplikasi yang diderita nantinya juga akan menjadi jauh lebih fatal. Bahkan resiko tertinggi adalah bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.
  4. Penyakit ginjal, tak hanya menyerang saluran pernapasan, karena nyatanya virus yang satu ini juga beresiko tinggi untuk menyerang organ tubuh lainnya, termasuk diantaranya adalah ginjal. Kebanyakan diantara penderita dari Covid 19 ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut bagi yang sebelumnya sudah memiliki riwayat kerusakan pada organ ginjal tersebut.
  5. Kanker, orang-orang yang juga menderita kanker beresiko tinggi untuk terinfeksi penyakit Covid 19 ini, bahkan dengan gejala yang berat hingga komplikasi serius. Karena sistem kekebalan tubuh bagi penderita kanker ini tidak kuat di dalam melawan infeksi tersebut, karena memang adanya gangguan pada sel-sel darah putih akibat efek samping dari kemoterapi.
Penyakit ini juga beresiko tinggi menyerang mereka yang memiliki masalah dengan sistem imunitas layaknya autoimun. Karena menyerang kelompok atau golongan orang yang berbeda-beda, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya gejala awal virus Corona pada masing-masing orang ini juga berbeda. Namun jika sudah positif maka tetap harus mendapatkan penanganan serius.

Posting Komentar

0 Komentar