Tips Merawat Kulit Kering Di Cuaca Dingin


Perubahan cuaca yang terjadi tidak menentu di Indonesia berpengaruh pada kesehatan, salah satunya yaitu kulit. Organ terluar yang menutupi tubuh manusia ini sangat mudah terpengaruh dengan kondisi perubahan suhu yang dingin. Pada suhu ini, kulit akan tampak terlihat kering sehingga membutuhkan perawatan yang lebih. Di cuaca dingin, perawatan kulit pasti akan berbeda dengan hari biasanya. Berikut tips merawat kulit kering di cuaca dingin.
 

Cara Perawatan Kulit Yang Kering Pada Cuaca Dingin

 

1. Menggunakan Pelembab dan Tabir Surya Yang Tepat

Saat cuaca dingin tentunya kelembaban udara juga akan rendah, hal tersebut menyebabkan kulit menjadi kering karena kehilangan kelembaban. Untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu menggunakan pelembab dan tabir surya. Menggunakan produk pelembab yang memiliki kandungan mengandung ceramides, gliserin, shea butter atau asam stearat adalah yang paling ampuh.
 
Selain pelembab, penggunaan tabir surya juga penting untuk mengatasi kulit kering di suhu dingin. Meskipun pada cuaca ini matahari tidak terasa terik, namun sinar ultraviolet yang terpancar bisa merusak kulit. Oleh karena itu, sebelum beraktifitas di luar, perlu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari.
 

2. Membatasi Waktu Mandi

Pada cuaca dingin, kebanyakan akan memilih mandi dengan menggunakan air hangat. Namun, apabila kegiatan ini dilakukan terlalu sering dan lama akan menyebabkan kulit menjadi kering. Jika memang menggunakan air hangat, anda perlu memberikan durasi waktu sekitar 5 sampai 10 menit untuk mandi. Selain itu, suhu air yang anda gunakan disarankan agar tidak terlalu panas.
 

3. Hindari Pemakaian Sabun Yang Berlebihan

Pada cuaca yang dingin, anda perlu mengurangi penggunaan sabun. Hal tersebut dilakukan untuk merawat kulit kering agar tidak tambah bersisik. Anda dapat menggunakan sabun pada area kulit yang dibutuhkan. Selain dengan mengatasi penggunaan sabun, anda juga bisa mengganti pembersih yang biasa digunakan dengan sabun yang mengandung pelembab dan tidak mengandung parfum.
 
Pada suhu yang rendah, kulit akan tampak kering dan bersisik. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan yang berbeda dari hari biasanya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit satu ini. Selain dengan melakukan tips perawatan tersebut anda juga memerlukan konsumsi air dan buah-buahan untuk menjaga kelembaban kulit.

Posting Komentar

0 Komentar