Apakah Penting Membeli Asuransi Ketika Menggunakan Jasa Pengiriman?

Layanan jasa kirim barang belakangan kian berkembang di tanah air. Bukan hanya melayani pengiriman barang dalam jumlah besar, tapi pengiriman skala kecil pun dilakukan. Bahkan saat ini layanan pengiriman skala kecil lebih banyak dilakukan karena banyaknya penjualan dengan layanan toko online berskala rumahan.
 
Jaminan keamanan dari jasa pengiriman amatlah penting untuk menghilangkan kekhawatiran penjual saat mengirimkan barang mereka. Terkadang, pembeli juga menambahkan asuransi untuk memberikan proteksi lebih terhadap barang yang dikirimkan.
 

Pertimbangan Membeli Asuransi saat Mengirim Barang

Banyak orang mempertanyakan penting atau tidaknya menambahkan asuransi saat melakukan pengiriman barang. Sebenarnya, penting tidaknya membeli asuransi tergantung dari si pengirim sendiri. Beberapa pertimbangan berikut biasanya yang mempengaruhi pengirim barang dalam membeli asuransi:
 

1. Nilai Ekonomis Barang

Biasanya, sebuah jasa pengiriman akan memberikan penggantian senilai 10 kali dari nilai paket apabila terjadi kehilangan dalam pengiriman. Namun, untuk jenis barang tertentu nilai pengganti ini sangat kurang sehingga untuk memastikan Anda mendapatkan ganti rugi yang layak apabila paket tidak sampai ke tujuan, disarankan membeli asuransi.
 
Barang yang memerlukan asuransi dalam pengiriman misalnya barang elektronik seperti gadget, karya seni, atau perhiasan. Dengan menggunakan asuransi Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang saat mengirimkan barang.
 

2. Jenis Barang yang Dikirim

Melalui jasa kirim barang Anda bisa mengirimkan berbagai jenis barang termasuk barang yang mudah rusak atau pecah. Nah, untuk mengirim barang yang rentan mengalami kerusakan ini sebaiknya menambahkan asuransi.
 
Adanya asuransi akan menjamin Anda mendapatkan penggantian yang layak apabila barang yang dikirimkan mengalami kerusakan, seperti pecah atau retak, serta kerusakan lainnya.
 

3. Tempat Tujuan Pengiriman

Asuransi juga dibutuhkan ketika melakukan pengiriman dengan tujuan yang cukup jauh. Sebab pengiriman jarak jauh memiliki risiko kerusakan maupun kehilangan yang tinggi.
 
Apabila melakukan pengiriman jarak jauh ini, sangat disarankan untuk membeli asuransi. Mengeluarkan biaya lebih banyak untuk asuransi akan memberikan jaminan lebih terhadap barang yang Anda kirimkan.
 

4. Lamanya Waktu Pengiriman

Di perusahaan jasa pengiriman biasanya tersedia beberapa layanan pengiriman, mulai dari yang reguler hingga pengiriman satu hari sampai. Jenis layanan yang Anda pilih akan mempengaruhi lamanya waktu pengiriman. Apabila estimasi waktu pengiriman cukup lama, ada baiknya menyertai paket Anda dengan asuransi.
 
Adanya asuransi akan memberikan layanan proteksi lebih terhadap barang yang Anda kirimkan. Selain lebih aman, Anda juga akan merasa lebih tenang ketika menunggu barang sampai ke tempat tujuan.
 
Asuransi bisa dikatakan sebagai bagian penting ketika mengirimkan barang. Pembelian asuransi merupakan pilihan opsional. Anda bisa membeli atau tidak, tergantung dari kebutuhan. Menyertai jasa kirim barang dengan asuransi hanya dilakukan apabila Anda benar-benar membutuhkannya saja. Apabila tidak, sebaiknya tak usah menambah biaya dengan membeli asuransi.

Posting Komentar

0 Komentar