Tidak Percaya Diri? Berikut Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa


Puasa sudah bukan lagi aktifitas aneh bagi kebanyakan orang. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, berpuasa juga memiliki sisi yang negatif. Sisi negatif ini tentu akan mengganggu percaya diri seseorang untuk berkegiatan sehari-hari. Namun tidak perlu khawatir lagi, ada cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang akan kita ulas.
 

Inilah 5 Tips Agar Nafas Tetap Segar Saat Berpuasa

1. Menggunakan Obat Kumur Yang Tidak Beralkohol

Menjaga kebersihan mulut selama berpuasa diperbolehkan menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Meskipun menggunakan obat kumur tidak wajib, namun hal ini menjadi salah satu solusi terbaik agar nafas tetap segar. Obat kumur dapat menghalangi pertumbuhan bakteri yang ada di dalam mulut, tentunya dapat mencegah timbulnya plak hitam dan karang pada gigi.
 

2. Sering Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Memilih makanan, pengolahan yang tepat, hingga cara penyajian dapat berpengaruh bagi kesehatan mulut. Asupan makanan sehat dapat membersihkan plak dan sisa makanan. Adanya antioksidan memberi kontribusi baik bagi gigi dan mulut.
 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Mulut yang kering juga menjadi faktor utama. Mulut secara alami membutuhkan air untuk pembersihan diri. Air liur sendiri adalah cairan alami yang terdapat pada tubuh manusia. Namun tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan memperbanyak minum air putih. Perbanyak minum air saat sahur dan berbuka menjadi solusi agar mulut tidak mudah kering ketika menjalankan puasa.
 

4. Rajin Menyikat Gigi

Menyikat gigi dengan rutin saat puasa juga menjadi solusi yang bagus. Khususnya setelah sahur dan hendak tidur dianjurkan untuk rutin menyikat gigi. Karena dapat menghilang plak pada gigi, menghilangkan bakteri yang memicu masalah bau serta dapat mencegah dari sariawan.
 

5. Sering Berkumur Dengan Air Biasa

Walau sedang puasa, sering berkumur juga diperbolehkan jika untuk menghilang bau tidak enak pada mulut yang mengganggu orang lain. Berkumur efektif membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi, sehingga akan menghilangkan bakteri yang ada pada mulut. Jika bakteri tersebut hilang dapat mengurangi terjadinya bau mulut.
 
Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda meski sedang berpuasa. Berpuasa bukanlah halangan untuk tetap aktif beraktifitas. Pastikan melakukan rutinitas tersebut secara berkala agar anda pun bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar