Yuk Cari Tahu Kebiasaan Buruk Meningkatkan Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi alarm bahaya dalam tubuh manusia. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan berbagai masalah komplikasi seperti serangan jantung, kerusakan ginjal, kerusakan saraf, hingga bisa menyebabkan stroke.
 
Maka dari itu, sebelum muncul gejala gula darah tinggi sebaiknya jaga pola hidup dengan tidak melakukan kebiasaan buruk yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Yuk cari tahu apa saja kebiasaan buruk meningkatkan kadar gula darah.
 

Gaya Hidup Buruk Yang Bisa Meningkatkan Gula Darah

 

1. Merokok

Disamping dapat menyebabkan polusi udara dan berbagai efek negatif, ternyata merokok juga ikut andil dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Adanya kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok inilah yang bisa meningkatkan potensi gula darah menjadi naik. Maka dari itu, para perokok yang terkena diabetes biasanya memerlukan dosis insulin yang lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok.
 

2. Begadang

Bagi anda yang suka begadang atau tidur larut malam, sebaiknya mulai memperbaiki pola tidur dari sekarang. Meskipun belum memiliki rasa kantuk, menerapkan pola tidur yang baik akan dapat mempengaruhi kualitas tidur serta kondisi tubuh. Pada tubuh memiliki jam biologisnya masing-masing, maka dari itu kebiasaan begadang ini bisa menyebabkan jam kerja organ tubuh akan ikut terganggu.
 
Tidur terlalu larut dan kurang tidur akan menyebabkan berbagai dampak pada kesehatan. Selain dapat meningkatkan tekanan darah, hal tersebut merupakan kebiasaan buruk meningkatkan kadar gula darah. Biasanya, ketika begadang rasa lapar akan cepat muncul sehingga memicu untuk mengkonsumsi makanan, hal ini lah yang bisa mengganggu kerja hormon sehingga dapat berdampak pada peningkatan gula darah.
 

3. Meninggalkan Sarapan

Banyak pakar di bidang kesehatan yang menganjurkan untuk membiasakan sarapan di pagi hari. Bukan tanpa alasan, ternyata kegiatan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan membiasakan sarapan, akan menyediakan banyak kalori yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti belajar, bekerja, berjalan, dan berbagai aktivitas lainnya.
 
Meskipun memiliki banyak manfaat, namun tak jarang pula yang banyak melewatkan kebiasaan baik ini. Padahal sudah diketahui bahwa perilaku tersebut adalah kebiasaan buruk meningkatkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena ketika melewatkan sarapan, organ pankreas tidak dapat menghasilkan hormon insulin secara maksimal sehingga keadaan tersebut akan memicu peningkatan kadar gula darah.
 

4. Konsumsi Teh Dan Kopi

Jika anda tidak ingin kadar gula darah meningkat, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi kopi dan teh. Memang minuman tersebut paling cocok dijadikan sebagai teman nongkrong di pagi hari. Namun, adanya kandungan kafein dalam kopi dan teh tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes yang mengkonsumsi minuman berkafein berpotensi 8 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kafein.
 

5. Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

Meskipun sudah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang, namun bagi sebagian besar orang lebih suka mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang banyak, dimana hal tersebut dimaksudkan supaya cepat merasa kenyang. Padahal ini menjadi kebiasaan buruk meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi karbohidrat yang dianjurkan ialah dalam jumlah yang cukup dan sewajarnya saja.
 
Kondisi gula darah dalam tubuh memang penting untuk dijaga, hal tersebut bertujuan agar terhindar dari berbagai macam penyakit komplikasi. Untuk menjaganya, ada beberapa kebiasaan buruk yang sudah sepatutnya dihindari supaya kadar gula darah tetap normal. Selain menghindari kebiasaan buruk tersebut, penerapan pola hidup sehat juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Posting Komentar

0 Komentar