Tips Membuat Label Produk yang Menarik


Label produk merupakan hal yang dilihat pertama kali oleh konsumen. Apalagi ditambah dengan desain kemasan produk yang terlihat menarik. Hal inilah yang membuat setiap pelaku usaha perlu membuat label produk yang menarik supaya dapat mencuri perhatian konsumen. Untungnya kini sudah ada solusi printing label di Indonesia yang memudahkan pelaku usaha untuk menciptakan desain label yang sesuai dengan produknya.

Selain dapat menarik perhatian konsumen, pemilihan desain label yang tepat juga menjadi ciri khas dari produk yang Anda jual sehingga terlihat berbeda dengan produk kompetitor. Jadi, pastikan jika label produk yang Anda gunakan sudah sesuai dan terlihat menarik, ya.

Tips Membuat Label Produk yang Menarik

Ada berbagai macam tips yang bisa Anda coba untuk membuat label produk yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Pilihan Warna dan Desain Label yang Mudah Terbaca

Meski desain label Anda sudah bagus, namun jika sulit terbaca oleh konsumen tentu tidak bisa dikatakan sebagai label produk yang menarik. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan jika penggunaan jenis huruf, ukuran, dan warna sudah sesuai dan dapat terbaca dengan mudah. Pemilihan warna juga menjadi hal yang sangat penting karena dapat memengaruhi psikologis konsumen. Contohnya label berwarna cokelat yang menyampaikan pesan keberlanjutan dan membumi, sementaralabel berwarna biru memberikan kesan kepercayaan.

2. Desain Label yang Cocok dengan Kemasan Produk

Kesesuaian desain label dan kemasan produk juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Kemasan yang berbentuk persegi tentu membutuhkan label produk dengan desain yang berbeda dari kemasan berbentuk bulat. Dari segi ukuran kemasan pun harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran label terlalu kecil dibandingkan dengan ukuran kemasan, sehingga terlihat tidak seimbang.

3. Desain yang Menampilkan Ciri Khas Produk

Desain label yang digunakan sudah pasti harus menampilkan ciri khas dari produk yang Anda jual. Hal ini dikarenakan sekarang sudah banyak kompetitor produk serupa yang akan bersanding dengan produk Anda. Maka dari itu, pastikan jika desain yang digunakan sudah merepresentasikan ciri khas produk untuk membedakannya dengan brand kompetitor.

4. Bentuk dan Ukuran Label

Penentuan bentuk dan juga ukuran label tentu tergantung dari jenis kemasan produk yang digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan kemasan produk terlebih dahulu sebelum membuat desain label agar hasilnya dapat lebih sesuai. Meski bentuk dan ukuran menjadi hal yang penting, namun Anda tetap harus fokus pada brand yang ingin ditonjolkan.

5. Memilih Material Label Produk yang Sesuai

Tips yang tak kalah penting untuk diperhatikan untuk membuat label produk terlihat menarik adalah pemilihan material label yang sesuai. Contohnya jika Anda menjual produk makanan berminyak, maka disarankan untuk menggunakan label dengan material plastik khusus. Jadi, tidak semua jenis material cocok untuk segala produk. Anda perlu menyesuaikannya dengan produk yang dijual.

Demikian 5 tips membuat label produk menarik yang bisa diterapkan pada usaha Anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar